Selasa, 06 November 2007

Monster "Tian Chi"!!!!!!!!!

Jauh di gugus Pegunungan Chang Bai, Provinsi Ji Lin di daerah utara RRC, ada sebuah danau kaldera nan indah bernama Tian Chi. Danau yang terbentuk akibat aktivitas vulkanik 2 juta tahun lalu itu menyimpan misteri yang belum terpecahkan. Tentang penampakan sosok makhluk monster misterius...

Kontroversi Monster Tian Chi

Makhluk apakah yang sering dilaporkan muncul di Danau Tian Chi? Sejumlah ahli, peneliti, dan analisis belum bisa menyimpulkan apa-apa. Bukti-butki yang terkumpul dalam seratus tahun belum bisa memberikan jawaban mengenai jenis makhluk tersebut.

Namun dari sejumlah besar laporan yang diteliti, terutama detail dalam 20 tahun terakhir mengacu pada gambaran sosok yang sama. Makhluk itu memiliki leher yang panjang dan kurus (sepanjang 1,5 meter), ekor yang panjang, badan yang besar dan tambun, kulitnya berwarna abu-abu gelap atau abu-abu muda, ada pola warna putih melingkar di bagian paling bawah lehernya.


Makhluk itu selalu dilaporkan muncul dari tengah danau, yaitu bagian perairan yang terdalam dari Danau Tian Chi. Melakukan pergerakan berenang menuju tepi, muncul tiba-tiba dan menghilang tiba-tiba dengan riak air yang khas. Berdasarkan seleksi laporan-laporan yang masuk, diyakini bukan hanya satu monster yang menampakkan diri di Tian Chi tetapi pernah ada laporan kemunculan sampai dua puluhan ekor.

Ada yang berspekulasi bahwa makhluk ini kemungkinan sejenis dengan yang muncul di danau Loch Ness, Skotlandia. Namun sebagian pemerhati kriptoozoologi (ilmu tentang makhluk aneh) lebih yakin bahwa gambaran tentang makhluk tersebut lebih dekat dengan jenis dinosaurus berleher ular yang diduga pernah merajai perairan dalam zaman Jurassic pada 5-10 juta tahun lalu. Merujuk pada spesies dinosaurus air plesiosaurus (berukuran 3-5 meteran) atau Elasmosaurus (berukuran 8-15 meter).

Namun pendapat tentang ini ditepis oleh pemerhati sejarah geologi bumi. Alasannya, Danau Tian Chi berdasar catatan penelitian terbentuk pada masa 2,8 juta tahun lalu dan beberapa kali mengalami perubahan bentuk akibat aktivitas vulkanik. Sementara kedua dinosaurus itu hidup dan lenyap sekitar 2 juta tahun sebelum Danau Tian Chi dan kaldera gugus Pegunungan Chang Bai membentuk formasi yang bisa terlihat hari ini.

Terlepas dari kontroversi para ahli dari bidang perhatian yang berbeda itu, sebuah tanggapan lain dari kelompok skeptis dengan penuh prasangka menuding bahwa kemunculan makhluk monster di Tian Chi tak lebih dari tipuan dan taktik pariwisata semata. Dengan menghembuskan isu atau merekayasa "monster" bikinan, turis disuguhkan sebuah misteri. Dan misteri yang mengundang penasaran akan memikat turis untuk mengunjungi Danau Tian Chi!

Lalu kelompok lain berpendapat mungkin saja monster Danau Tian Chi hanya salah identifikasi terhadap fenomena alam, akibat letaknya yang berada di ketinggian 2.189 meter di atas permukaan laut dan dikelilingi beberapa puncak gunung. Atau bisa saja itu adalah makhluk yang belum diketahui spesiesnya dalam kajian zoologi.

Tidak ada komentar: